Senin, 23 September 2019

5 Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Tanpa Harus Ada Standar Operasional Prosedur (SOP) Kerja Yang Ribet

·   0

Dalam sebuah dunia kerja, keberadaan Standar Operasional Prosedur (SOP) memang terkadang sangat diperlukan dan wajib dipatuhi oleh setiap karyawan. Namun tahukah kamu, jika tidak semua pekerjaan harus mematuhi SOP. Ada banyak jenis pekerjaan atau profesi yang tidak terpaku cara kerjanya berdasarkan Standar tersebut, apalagi ketika anda bingung dengan apa itu sop. Nah, biasanya jenis pekerjaan tanpa SOP ini adalah pekerjaan yang bergerak dalam bidang dunia industri kreatif, beberapa diantaranya bisa dibilang para pelaku freelance. Mau tahu jenis pekerjaan apa saja yang tidak memerlukan SOP? Ini dia diantaranya.
apa itu sop

1.    Blogger
Di era digital seperti sekarang, kebutuhan akan dunia internet sudah sangat penting sekali perannya. Internet tidak hanya sebagai media untuk mencari berbagai informasi, ilmu dan pengetahuan melainkan juga bisa jadi ladang menghasilkan uang. Caranya? Salah satunya ialah dengan menjadi professional blogger. Sebagian orang yang berprofesi sebagai professional blogger tidak harus memiliki SOP, kantor atau jam kerja yang terikat. Cukup hanya dari rumah, seperangkat alat PC serta koneksi internet yang lancar, sudah bisa bekerja dengan baik. Ada banyak cara bagi blogger untuk mendapatkan uang, mulai dari Google AdSanse, Affiliate Marketing, penjualan produk, Content Placement dan lainnya. 

2.    Freelance Writer
Seorang penulis, tidak harus menghasilkan sebuah buku, tetapi kini ada banyak jenis penulis seperti misalnya Freelance Writer. Penulis lepas ini bisa mengerjakan sebuah tulisan misalnya pembuatan artikel untuk website atau blog. Dari setiap artikel yang dibuat ini nantinya akan mendapatkan komisi. Penulis artikel dapat bekerja dimanapun dan kapanpun tanpa harus terikat dengan SOP atau waktu, asalkan pekerjaan dapat selesai sesuai deadline yang disepakati dengan klien, maka pekerjaan bisa dilakukan dengan lancar dan baik. Saat ini, mulai banyak orang yang melirik jenis pekerjaan ini. Tertarik juga mencoba?

3.    Penyedia Jasa Desain
Tidak banyak orang yang memiliki keahlian dalam bidang desain, itulah mengapa mereka yang bekerja dalam bidang desain dapat mendapatkan penghasilan yang lumayan bahkan besar. Sebagian dari mereka ada yang bekerja pada sebuah perusahaan, namun adapula yang lebih memilih untuk menjadi penyedia jasa desain lepas. Alasannya tentu saja karena waktu kerja yang lebih fleksibel. Jika menjadi desainer pada sebuah perusahaan, tentu harus mematuhi SOP yang berlaku di perusahaan tersebut, namun akan berbeda halnya jika bekerja seorang diri atau personal. Biasanya desainer lepas lebih merasa bebas dalam bekerja dan mengembangkan ide, hal inilah yang membuat desainer lepas lebih merasa nyaman. 

4.    Penyedia Kursus Online
Untuk bisa mendapatkan pelatihan, kini tidak lagi harus menghadiri sebuah acara layaknya pertemuan atau seminar. Cukup dengan mnegikuti kursus online dalam bidang yang diinginkan, sudah bisa mendapatkan ilmu. Nah, kamu mungkin memiliki beberapa skill atau pengetahuan yang kiranya bisa bermanfaat untuk orang lain? Jika ya, manfaatkan keahlian ini untuk membuka kursus online. Kamu bisa mendapatkan uang tambahan dari setiap peserta yang tertarik ikut kursus online yang kamu adakan. Untuk mengadakan event seperti ini, pastinya kamu tidak perlu adanya SOP dong! Cukup buat beberapa peraturan seperlunya untuk kelancaran dan kemudahan kursus online yang diadakan, rasanya sudah cukup.

5.    Pemasaran Online
Apakah kamu terkenal di dunia maya? Misalnya di instagram, facebook atau lainnya? Biasanya, orang-orang yang terkenal di dunia maya lebih mudah dalam memasarkan produk, itulah kenapa sekarang ada istilah endorse. Untuk kamu yang ingin memiliki penghasilan dengan memanfaatkan media sosial atau lewat jalur internet, bisa mengambil pekerjaan sebagai pemasar online, baik untuk produk yang dihasilkan sendiri, boleh juga produk orang lain. Untuk pekerjaan sebagai pemasar online, yang mana masih dilakukan seorang diri, bukan dalam bentuk tim, sudah pasti bisa dilakukan tanpa adanya SOP, bahkan bisa melakukan strategi pemasaran dengan teknik sendiri. Lakukan berbagai trik pemasaran online yang dirasa ampuh dan cepat menghasilkan keuntungan agar usaha yang dilakukan dapat sukses dan berjalan lancar.

    Nah, itu tadi 5 jenis pekerjaan tanpa sop yang kiranya tidak memerlukan Standar Operasional Prosedur (SOP) baku. Meski SOP ini perannya bisa jadi sangat penting, khususnya dalam dunia perusahaan, industri atau pabrik, namun kenyataannya dalam bidang usaha lain seperti dalam dunia kreatifitas, SOP tidaklah selalu dibutuhkan. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat.

Subscribe to this Blog via Email :